Warning !!

Peringatan!! Banyak mengandung artikel atau informasi untuk khusus DEWASA.
Informasi yang ada di sini bukan sebagai pengganti anjuran dan terapi yang diberikan oleh dokter atau ahli bidang bersangkutan, namun diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda. Sebaiknya Anda tetap mengkonsultasikan masalah Anda dengan dokter keluarga Anda atau ahli bidang bersangkutan.

Bila Anda ingin berbagi artikel/ info yang menarik dan sesuai dengan topik blog ini, silahkan berbagi dengan join dan posting ke info_pria@yahoogroups.com.
Semua sumber/ penulis dari pada artikel/ tulisan/ informasi yang dimuat sudah kami usahakan untuk dicantumkan. Bila ada kesalahan harap hubungi kami pada (info_pria-owner[at]yahoogroups[dot]com). Terima kasih.

LEBIH LENGKAP!! Dapatkan DVD Info-Pria, yang berisikan e-book, kumpulan artikel, software dan lainnya. Lebih rinci klik disini.

Sunday, March 11, 2007

Sistim Kalender KB Alamiah, Aman dan Murah

Sistem kalender merupakan sebuah metode KB alamiah (KBA) yang paling tua. Dr. Knaus, seorang ahli kebidanan dari Vienna dan Dr. Ogino, ahli ginekologi dari Jepang adalah pencetus KBA sistem kalender. Keduanya secara terpisah menemukan bahwa ovulasi berhubungan erat dengan menstruasi berikutnya daripada dengan menstruasi sebelumnya.

Menurut Knaus, ovulasi terjadi tepat 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Sementara itu, Ogino berpendapat bahwa ovulasi tidak selalu terjadi tepat pada 14 hari sebelum menstruasi, tetapi dapat juga terjadi antara 16 atau 12 hari sebelum menstruasi berikutnya. Ogino yakin bahwa kemampuan sel sperma untuk hidup dalam saluran reproduksi wanita tak lebih dari 3 hari saja. Ogino juga berpendapat bahwa sel telur hanya dapat dibuahi dalam beberapa jam saja setelah ovulasi. Kedua hasil penelitian inilah yang menjadi dasar dari KBA sistem kalender.

Sistem kalender menggunakan sejarah siklus menstruasi wanita untuk menentukan masa-masa tidak subur (masa aman dalam melakukan hubungan intim). Penghitungan masa-masa tersebut berdasarkan asumsi bahwa sel sperma hanya mampu hidup di saluran reproduksi paling lama 3 hari. Ternyata penelitian lebih jauh membuktikan bahwa sel sperma ternyata mampu hidup selama 5 hari dalam saluran reproduksi wanita, asalkan wanita dalam keadaan masa subur. Kenyataan ini mengakibatkan efektifitas KBA sistem kalender menjadi rendah. Kehamilan akibat salah menghitung kemampuan hidup sperma dalam masa-masa subur menjadikan metode KBA dengan sistem kalender menjadi sebuah stigma.

Banyak orang yang merasa sangsi, benarkah KBA sistem kalender dapat menjadi suatu metode untuk mencegah kehamilan. Siklus menstruasi yang tidak teratur merupakan penghambat yang umum dilontarkan para calon akseptor KBA sistem kalender


Penghitungan Masa Tidak Subur

Kini masa tidak subur sebelum ovulasi (pre-ovulatory ini fertile) dihitung berdasarkan siklus terpendek selama 12 bulan dikurangi 21 hari. Angka 21 didapat dari 16 hari fase luteal (fase pematangan sel telur) yang paling panjang ditambah dengan 5 hari kemampuan hidup sel sperma dalam saluran reproduksi.

Tabel di bawah ini memperlihatkan bagaimana menentukan masa tidak subur sebelum ovulasi

Lama siklus menstruasi Masa tidak subur sebelum ovulasi

28 hari atau lebih Hari ke-1 sampai hari ke-7
27 hari Hari ke-1 sampai hari ke-6
26 hari Hari ke-1 sampai hari ke-5
25 hari Hari ke-1 sampai hari ke-4
24 hari Hari ke-1 sampai hari ke-3
23 hari Hari ke-1 sampai hari ke-2
22 hari Hari ke-1
21 hari Tidak ada


Sementara itu, masa tidak subur setelah ovulasi (post ovulatory infertile) dihitung dengan formula masa menstruasi terpanjang selama 12 bulan dikurangi dengan 9 hari. Angka 9 hari didapat dari 11 hari (masa terpendek dari fase luteal) dikurangi dengan 2 hari (masa hidup sel telur).

Tabel di bawah ini memperlihatkan bagaimana menentukan masa tidak subur sesudah ovulasi.

Lama siklus menstruasi Masa tidak subur sesudah ovulasi

Kurang dari 28 hari Dari hari ke-19
29 hari Dari hari ke-20
30 hari Dari hari ke-21
31 hari Dari hari ke-22
32 hari Dari hari ke-23
33 hari Dari hari ke-24
34 hari Dari hari ke-25
35 hari Dari hari ke-26
36 hari Dari hari ke-27
37 hari atau lebih Dari hari ke-28


Data tentang lama menstruasi terpanjang dan terpendek perlu terus menerus dicatat dan diperbaharui, sehingga perhitungan masa tidak subur sebelum dan sesudah ovulasi lebih akurat.

Efektivitas KBA Sistem Kalender

Efektivitas KBA sistem kalender sangat tergantung pada kelengkapan data siklus menstruasi seorang wanita. Semakin lengkap datanya, semakin akurat pula perhitungannya. Tak ada seorang wanita pun di dunia ini yang tahu pasti kapan ia akan ovulasi. Disamping itu, tidak ada jaminan bahwa siklus menstruasi seseorang sudah pasti teratur datangnya. Oleh sebab itu, komitmen untuk mencatat siklus menstruasi sangat berpengaruh terhadap efektivitas sistem kalender.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang membuat KBA sistem kalender menjadi tidak efektif.
· Penentuan masa tidak subur didasarkan pada kemampuan hidup sel sperma dalam saluran reproduksi wanita adalah 3 hari
· Perdarahan yang kadang datang bersamaan dengan ovulasi dapat diinterpretasikan sebagai menstruasi. Akibatnya, perhitungan masa tidak subur sebelum ovulasi dan masa tidak subur setelah ovulasi menjadi tidak tepat
· Penentuan masa tidak subur tidak berdasarkan pada siklus menstruasi sendiri
· Kurangnya pemahaman tentang hubungan antara ovulasi dan perubahan jenis mukus yang menyertainya.
· Adanya anggapan bahwa hari pertama siklus menstruasi dihitung dari berakhirnya perdarahan menstruasi sehingga semua perhitungan penentuan masa tidak subur otomatis menjadi salah.

Penelitian di Sydney yang dilakukan oleh Dr. Johnson beserta rekan-rekannya (1978) selama satu tahun menunjukan bahwa efektivitas KBA akan naik tiga kali lipat ketika pasangan suami istri memakai KBA dengan metode Simpto-Thermal. Metode ini diuraikan pada artikel lainnya.

Keterbatasan dari sistem kalender ini adalah suami istri tidak dapat melakukan hubungan seks setiap saat bila tidak menginginkan kehamilan. Padahal kebutuhan biologis tidak ada batasan waktu. Istri justru libidonya meningkat pada saat masa subur. Untuk itu KB sistem kalender ini harus dikombinasikan dengan pemakaian alat KB kondom. Pada saat masa subur suami istri tetap bisa melakukan hubungan suami istri tetapi dengan menggunakan kondom. (Farida) - Gema Pria BKKBN

Sumber : Riono Notodiharjo, 2002 Reproduksi, Kontrasepsi, dan Keluarga Berencana : Metode KB tanpa bantuan obat-obatan dan peralatan

No comments: