Warning !!

Peringatan!! Banyak mengandung artikel atau informasi untuk khusus DEWASA.
Informasi yang ada di sini bukan sebagai pengganti anjuran dan terapi yang diberikan oleh dokter atau ahli bidang bersangkutan, namun diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda. Sebaiknya Anda tetap mengkonsultasikan masalah Anda dengan dokter keluarga Anda atau ahli bidang bersangkutan.

Bila Anda ingin berbagi artikel/ info yang menarik dan sesuai dengan topik blog ini, silahkan berbagi dengan join dan posting ke info_pria@yahoogroups.com.
Semua sumber/ penulis dari pada artikel/ tulisan/ informasi yang dimuat sudah kami usahakan untuk dicantumkan. Bila ada kesalahan harap hubungi kami pada (info_pria-owner[at]yahoogroups[dot]com). Terima kasih.

LEBIH LENGKAP!! Dapatkan DVD Info-Pria, yang berisikan e-book, kumpulan artikel, software dan lainnya. Lebih rinci klik disini.

Saturday, March 10, 2007

Benarkah Kondom Bisa Cegah Penyakit?

Belum lama ini, para pakar seksologi yang memberi perhatian tentang penularan penyakit kelamin mempertanyakan penggunaan kondom. Mereka menyangsikan apakah kondom memang sanggup mencegah semua jenis kuman penyebab penyakit tersebut. Mereka tidak menganjurkannya sebagai sarana yang tepat untuk mencegah penyakit kelamin.

Telah lama diakui, kondom mungkin efektif untuk mencegah penyebaran HIV dan gonorea. Tetapi beberapa pakar menegaskan bahwa alat itu ternyata tidak sanggup menghentikan penyakit menular seksual (PMS) lainnya, seperti klamidia dan sifilis. Itulah kesimpulan yang dilaporkan baru-baru ini.

Ini jelas berbeda dari pandangan umum selama ini. Menurut berbagai data, kondom cukup ampuh untuk mencegah penyebaran PMS kalau digunakan dengan benar. Itulah sebabnya alat ini menjadi andalan utama untuk mencegah penyebaran kuman penyakit menular seksual dan kehamilan.

Perbedaan pandangan ini muncul setelah sekelompok pakar membuka-buka kembali berbagai studi tentang kondom selama ini. Ditemukan, kondom efektif mengurangi penularan HIV lewat hubungan seksual pada laki-laki maupun wanita. Juga, kondom menurunkan risiko penularan gonorea bagi pria.

Namun, pakar ini meragukan apakah kondom dapat mencegah penularan PMS lainnya, seperti klamidia, sifilis, dan human papilloma virus. Virus terakhir ini adalah penyebab kutil kelamin dan kanker serviks. Menurut mereka, belum ada data tentang kemanjuran kondom dalam menghadang PMS, selain HIV dan gonorea, sebagaimana diungkapkan dalam Journal of the American Medical Association, edisi Juli 2001 ini.

Menanggapi ini, para pakar lain tidak setuju. Mereka menegaskan bahwa ukuran HIV begitu kecil, jauh lebih kecil ketimbang bakteri dan virus penyebab PMS lainnya. Jadi, apabila kondom dapat mencegah penyebaran HIV, bagaimana mungkin alat ini tidak dapat menghentikan PMS lainnya?

Kebanyakan studi memperlihatkan bahwa kondom merupakan cara yang efektif untuk mencegah PMS. Kondom dapat mencegah penyakit yang paling berbahaya, seperti PMS, HIV, dan gonorea. Karena itu, ditegaskan bahwa kondom perlu dipromosikan penggunaannnya terus-menerus.

No comments: